Mendaftar Jalur Prestasi, Nilai Calon Siswa Wajib di Atas 80

Proses penerimaan peserta didik baru jenjang SMA sudah dimulai sejak 8 Juni kemarin. Namun hanya ada dua jalur yang sedang berproses pada masa ini, yakni jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Dr. H. Aidy Furqan, SPd., MPd., menyebut pada masa ini calon peserta didik melakukan verifikasi berkas pendaftaran sebagai pra syarat untuk bisa mendaftar pada tahap berikutnya.

Dikatakan Aidy adanya penilaian pra syarat ini lantaran tahun ini sekolah tidak melakukan UN, sehingga praktis penilaian prestasi hanya melalui nilai rapor. Mereka yang lulus pada tahap pra syarat ini diwajibkan mendaftar pada 15 Juni mendatang.

“Persiapan tahun ajaran baru pra pendaftaran nanti mereka yang lulus bisa daftar pada 15 Juni. Pra pendaftaran dilakukan bagi jalur prestasi dan jalur perpindahan. Karena adanya pra syarat,” tegasnya.

Pada tahap seleksi pra syarat ini, khusus untuk jalur prestasi siswa wajib mendapatkan nilai di atas 80.   “Pra syarat nilai satu sampai semester lima. Karena tidak ada nilai UN, sehingga menggunakan nilai rapor. Dengan ketentuan tidak boleh jalur prestasi itu di bawah angka 80 ini dikategorikan berprestasi. Inilah oleh calon peserta didik yang harus diinput,” ujarnya.

Menurutnya, tahun ini ada empat jalur penerimaan peserta didik baru, yakni jalur zonasi dengan bobot 60 persen, jalur afirmasi dengan bobot 20 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, dan jalur prestasi 15 persen.

Meski menyediakan empat jalur pendaftaran, namun ini hanya berlaku bagi jenjang SMA saja, bukan untuk SMK. Adapun SMK tidak menggunakan jalur zonasi. Mereka bisa mendaftar di SMK mana saja. “Ini dikecualikan untuk SMK, swasta dan SLB. Kalau SMK itu bebas tidak ada zona. Kalau ada anak Mataram mau ambil Jurusan Nautika bisa ke Lembar.

Pada bagian lain, masyarakat masih meminati SMA tertentu untuk dipilih pada jalur prestasi. Hal itu terbukti pada pra pendaftaran yang bertujuan untuk inventerisasi dan verifikasi data calon siswa, kebanyakan masyarakat memilih memasukan data ke SMA tertentu.

Salah satunya SMAN 1 Mataram yang masih diminati oleh banyak orang. Kepala SMAN 1 Mataram Kun Andrasto, S.Pd.,.dihubungi pada Rabu, 10 Juni 2020 mengatakan banyak sekali peminat jalur prestasi untuk SMAN 1 Mataram. Sementara kuota jalur prestasi 15 persen dari kuota keseluruhan PPDB meliputi 8 persen prestasi nilai rapor, 5 persen prestasi piagam, dan 2 persen tahfidzul Qur’an.

Seperti diketahui, untuk PPDB SMA, ada empat jalur yang dibuka yaitu jalur zonasi dengan kuota minimal 60 persen, jalur afirmasi dengan kuota paling banyak 20 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak lima persen, dan jalur prestasi dengan kuota paling banyak 15 persen. Kuota per rombongan belajar SMA maksimal 32 orang.

Hal yang sama juga terjadi di SMAN 2 Sumbawa besar. Kepala SMAN 2 Sumbawa Besar, Sahyuddin, S.Pd., MA TESOL., mengungkapkan, sampai dengan hari Rabu, 10 Juni 2020 sudah ada 70 orang yang mendaftar. “Kami menyiapkan fasilitas pendukug bagi pendaftar, yang tidak bisa bersaing kita sarankan mendaftara ke sekolah lain,” katanya.

Sedangkan kondisi yang berbanding terbalik terjadi di SMA lainnya. Seperti di SMAN 4 Mataram yang sampai dengan Rabu kemarin baru ada tiga orang calon siswa yang mengikuti pra pendaftaran jalur prestasi akademik. Kepala SMAN 4 Mataram, Drs. Jauhari Khalid, mengatakan, pra pendaftaran sampai dengan kemarin ini berjalan dengan lancar.

Sementara Kepala SMAN 7 Mataram, Munawar mengatakan belum banyak calon siswa yang mengikuti pra pendaftaran. “Kami hanya bantu koreksi persyaratan aja, secara resmi belum didaftar,” katanya.

Pra Pendaftaran calon peserta didik SMA jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua/wali dalam bentuk inventarisasi dan verifikasi berkas oleh panitia di tingkat Cabang Dinas dan penerbitan rekomendasi kelayakan untuk diusulkan ke panitia tingkat provinsi.

Jadwal PPDB SMA yaitu pra pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan pada tanggal 8 sampai dengan 11 Juni, pendaftaran dan verifikasi pada  15 sampai dengan 17 Juni, seleksi secara sistem pada 18 Juni, dan pengumuman pada 19 Juni. Sedangkan untuk jalur afirmasi, pendaftaran dan verifikasi sekolah dilaksanakan pada23 sampai dengan 26 Juni, seleksi pada 27 Juni, dan pengumuman pada 28 Juni. Jalur zonasi, pendaftaran dan verifikasi pada 2 sampai 6 Juli, seleksi pada 7 Juli, dan pengumuman pada 8 Juli. (dys/ron)

sumber : https://www.suarantb.com/mendaftar-jalur-prestasi-nilai-calon-siswa-wajib-di-atas-80/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *