Berita Utama

Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaftif bagi Guru Dan 100 orang Siswa (di bagi 3 sesi) kerjasama antara SMA Negeri 2 Sumbawa Besar dengan Kantor Bahasa NTB, kegiatan di buka secara resmi oleh Bapak KCD Sumbawa.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak varietas bahasa Melayu. Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu.

Oleh karena itu kegiatan seperti : Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaftif bagi Guru Dan 100 orang Siswa (di bagi 3 sesi) kerjasama antara SMA Negeri 2 Sumbawa Besar dengan Kantor Bahasa NTB, kegiatan di buka secara resmi oleh Bapak KCD Sumbawa. Merupakan sebuah langkah nyata dalam menambah kemahiran Guru dan Siswa dalam penerapan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia mendapatkan pengakuan sebagai “bahasa persatuan bangsa” pada saat Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional berdasarkan usulan Muhammad Yamin.

Penggantian nama dari bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia mengikut usulan dari Mohammad Tabrani pada Kongres Pemuda I yang beranggapan bahwa jika tumpah darah dan bangsa tersebut dinamakan Indonesia, maka bahasanya pun harus disebut bahasa Indonesia.

Meskipun menyandang nama bahasa persatuan, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa ibu hanya oleh sebagian kecil saja dari penduduk Indonesia (terutama orang-orang yang tinggal di sekitar Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang sebagian besar berbahasa Indonesia seperti Medan dan Balikpapan), sedangkan lebih dari 200 juta orang lainnya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua, dengan berbagai tingkat kemahiran.

Sensus 2010 menunjukkan hanya 19,94% orang berusia di atas lima tahun yang menggunakan bahasa Indonesia di rumah. Di negara yang memiliki lebih dari 700 bahasa daerah dan beragam kelompok suku, bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam mempersatukan keberagaman budaya di seluruh Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa utama di media, badan pemerintah, sekolah, universitas, tempat kerja, dll

Oleh karena itu sangat penting untuk terus belajar dan menguji kemampuan berbahasa Indonesia melalui gemar membaca, menulis dan menuturkan bahasa Indonesia pada kehidupan sehari-hari.

#ntbsehat&cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *