Laboratorium Online

Laboratorium Maya merupakan salah satu fitur di portal Rumah Belajar, diharapkan menjadi salah satu solusi terhadap ketidaktersediaan laboratorium di sekolah. Bahkan pendidik dan peserta didik yang sekolahnya sudah memiliki laboratorium juga dapat memanfaatkannya di mana saja, kapan saja. Pendek kata, fitur tersebut terbuka diakses oleh siapa saja.

Aplikasi Laboratorium Maya, yang dikembangkan oleh Pustekkom Kemdikbud itu, dapat digunakan oleh peserta didik dan pendidik untuk melakukan percobaan di laboratorium secara virtual (maya). Bagi pengguna umum, selain pendidik dan peserta didik, masih dapat mengakses aplikasi tersebut dan mencoba simulasi secara daring. Aplikasi Laboratorium Maya dapat diakses di laman: https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya.

Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya dapat diunduh oleh pengguna dengan melakukan login terlebih dahulu. Bagi pendidik yang ingin melakukan percobaan dengan memanfaatkan aplikasi Laboratorium Maya, tentu saja harus melakukan persiapan lebih dulu.

Persiapan mulai dari mengidentifikasi konten atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya, merancang pembelajarannya, hingga menyiapkan strategi ketika pelaksanaan di kelas.

Ketika melakukan identifikasi konten, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pendidik ,yaitu: mendaftar di fitur Laboratorium Maya, login pada fitur Lab Maya, pilih kategori (SMP atau SMA), pilih topik yang akan dimanfaatkan, unduh Laboratorium Maya atau Lakukan percobaan online.

Fitur Laboratorium Maya menyediakan konten untuk mata pelajaran IPA dan matematika dengan kategori SMP dan SMA. Saat ini, untuk mata pelajaran matematika baru tersedia empat judul konten dan mata pelajaran IPA tingkat SMP baru tersedia enam judul konten. Sedangkan untuk tingkat SMA, terbagi menjadi tiga kategori, yaitu biologi, fisika, dan kimia, dengan jumlah judul konten dua puluh.

Sumber : https://www.myedisi.com/